TK Cendekia Sabet Juara Lomba Akulah Wiralodra Akulah Nyi Endang Dharma Ayu

TK Cendekia Sabet Juara Lomba Akulah Wiralodra Akulah Nyi Endang Dahrma Ayu

*DISKOMINFO INDRAMAYU* – Cerita sejarah pendiri Indramayu Raden Arya Wiralodra dan Nyi Endang Dharma Ayu berhasil diperagakan dengan baik oleh Arif Jaya Sampurna dan Iftina Assyabiya Rafifa. Murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) asal Taman Kanak-Kanak (TK) Cendikia Bumi Patra, yang membawanya menyabet Juara Pertama Lomba Akulah Wiralodra dan Akulah Nyi Endang Dharma Ayu antar pelajar PAUD/TK se-Kabupaten Indramayu.

Kegiatan yang diiniasi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indramayu itu telah diikuti 93 peserta dari PAUD dan TK se-Kabupaten Indramayu, Sabtu (21/9/2019) di Pendopo Kabupaten Indramayu.

Bunda PAUD Kabupaten Indramayu Hj. Nani Indriyani Supendi menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk memfasilitasi potensi-potensi yang ada pada tiap anak-anak di Kabupaten Indramayu agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

“Momen ini strategis bagi para generasi muda untuk berksplorasi menggali potensi diri serta menemukan minat dan kegemarannya yang dapat menjadi cikal bakal dalam mengembangkan kualitas dirinya kedepan,” jelasnya.

Dikatakannya, Lomba Akulah Wiralodra dan Akulah Nyi Endang Dharma Ayu serta Lomba Hafalan Juz Amma merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-492 Kabupaten Indramayu. Pemkab Indramayu berharap agar generasi muda dapat membangun Kabupaten Indramayu menjadi kabupaten yang Religius, Maju, Mandiri dan Sejahtera (Remaja).

Ia berpesan, kepada peserta Perlombaan Akulah Wiralodra dan Akulah Nyi Endang Dharma Ayu serta Lomba Hafalan Juz Amma untuk terus belajar agar menjadi generasi penerus Raden Arya Wiralodra dan Nyi Endang Dharma Ayu yang siap membangun Kabupaten Indramayu kedepannya dan memiliki kehidupan yang baik dikemudian hari.

“Jadilah penerus Raden Bagus Arya Wiralodra dan Nyi Endang Dharma Ayu yang siap membangun Kabupaten Indramayu yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa serta teruslah belajar guna menyongsong dan menemukan kehidupan yang lebih cemerlang,” pesannya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada Disdik Kabupaten Indramayu, Mardono mengatakan, perlombaan tersebut juga berupaya untuk menumbuhkembangkan cinta tanah air dan kebangsaan khususnya di Kabupaten Indramayu terhadap kalangan peserta didik PAUD dan Sekolah Dasar (SD) sehingga dapat mengaktualisasikan nilai-nilai luhur bangsa khususnya tokoh atau pendiri Indramayu.

“Anak-anak PAUD ini selain andil dalam merayakan dan mengatahui Hari Jadi ke-492 Kabupaten Indramayu, juga untuk menumbuhkembangkan sejak usia dini untuk menghargai dan mencitai bangsa dan budaya serta mengatahui nilai dan sejarah dari Raden Arya Wiralodra dan Nyi Endang Dharma Ayu sebagai pendiri Kabupaten Indramayu,” katanya.

Ia berharap, anak-anak PAUD kebanggan Kabupaten Indramayu menjadi generasi yang unggul, kompetitif, Islami dan berakhlak mulia sesuai dengan Visi Kabupaten Indramayu. “Seperti yang dikatakan Bunda PAUD Kabupaten Indramayu, anak-anak di Indramayu jadilah generasi yang unggul kemudian berkompetitif dan memiliki akhlak mulisa sesuai dengan visi Kabupaten Indramayu yakni REMAJA,” harapnya.

Dalam kesempatan Lomba Akulah Wiralodra dan Akulah Nyi Endang Dharma Ayu selain Juara Pertama diraih oleh PAUD TK Cendekia Bumi Patra Indramayu.Untuk Juara Kedua diraih PAUD RA Al-Ikhlas Balongan dan Juara Tiga didapat PAUD Pembina Sindang. *(M.Toyib/Aa Deni/Diskominfo Indramayu)*