Disentuh TMMD, Warga Desa Gantar Sumringah

Disentuh TMMD, Warga Desa Gantar Sumringah

DISKOMINFO INDRAMAYU – Warga Desa Gantar Kecamatan Gantar sumringah. Pasalnya selama 30 hari desa mereka akan disulap menjadi desa yang penuh pembangunan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2020.

Pemkab Indramayu bersama dengan Kodim 0616 Indramayu melaksanakan TMMD dengan penuh inovasi dan kolaborasi dengan melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik. Pembukaan TMMD dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Gantar, Selasa (22/09/2020).

Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat menjelaskan, TMMD ini menargetkan pekerjaan fisik diantaranya peningkatan jalan Blok Nambo sepanjang 600 meter, pembangunan jembatan Cikembang, penanganan saluran irigasi dan drainase, pembangunan/rehab rumah tidak layak huni (rutilahu) serta penerangan jalan umum (PJU).

“Semua kegiatan fisik ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pemenuhan kebutuhan peningkatan infrastruktur dan fasilitas umum pedesaan. Terlebih pembangunan rutilahu kepada warga masyarakat yang diharapkan tercapainya standar hunian yang layak dan sehat,” tegas Taufik.

Selain pekerjaan fisik, lanjut Taufik, pada kegiatan TMMD juga dilaksanakan pekerjaan non fisik yaitu penyuluhan, pelayanan adminduk, pelatihan ketrampilan perbengkelan, pemberian bibit tanaman jati, dan tanaman lainnya serta pemberian benih ikan.

“Semoga hasil pembangunan pelaksanaan program TMMD ini akan dinikmati dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Taufik.

Beberapa warga Desa Gantar mengungkapkan, sebagai warga sangat bersyukur desanya menjadi program TMMD karena dapat melakukan berbagai pembangunan dengan cepat.

“Alhamdulillah dan terima kasih desa saya dibangun oleh bapa-bapa TNI dan pemerintah daerah. Semoga desa kami semakin maju lagi,” tegas Hendra warga Desa Gantar.

Sementara itu Kepala Staf Korem 063/SGJ Cirebon, Letkol Inf Heri Rustanto mengatakan, pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari ini akan berakhir sampai tanggal 21 Oktober 2020. (Aa DENI/DEDY/Diskominfo Indramayu)